Bagaimana Surat Lamaran yang Sempurna Menurut Pakar Karier? Agar Kemungkinan Diterima Kerja Lebih Besar.


Bagaimana Surat Lamaran yang Sempurna Menurut Pakar Karier? Agar Kemungkinan Diterima Kerja Lebih Besar.
Courtesy https://pixabay.com


Kesuksesan dalam mendapat pekerjaan bisa berawal dari pembuatan surat lamaran yang bagus. Sampai saat ini CV dan surat lamaran yang rapi dan menarik tetap diperlukan agar dapat diterima kerja. Jika Anda Googling, bisa ditemukan berbagai model dan tips membuat surat lamaran. Melihatnya sebagai bahan inspirasi boleh saja tapi usahakan untuk tidak sama persis menirunya.


Pakar karier dari sekolah ekstensi Harvard, Linda Spencer mengatakan  terdapat dua kunci dalam surat lamaran agar terlihat sempurna. Yaitu dengan menyampaikan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi itu dan akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.
Kata Linda, manajer atau tim HRD hanya akan melihat surat tersebut dala tujuh detik saja sehingga disarankan untuk membuatnya dengan padat dan jelas. Dibawah ini contoh surat lamaran yang sempurna menurut Linda.

1. Ajukan Kepada Seseorang Secara Spesifik.
Tips pertama adalah dengan mengajukan dokumen tersebut kepada seseorang secara spesifik. Yang dimaksud adalah untuk menulis dengan spesifik kepada siapa surat tersebut diajukan di bagian atas setelah tanggal, apakah itu manajer atau HRD. Jika bisa tulis nama, jabatan mereka, hingga alamat kantor. Jika Anda tidak tahu siapa nama manajer atau HRD perusahaan itu, Anda bisa tanya ke front office atau satpam di loby kantor, kemudian tulis pada surat lamaran Anda sebelum berkas itu diserahkan.

2. Tujuan Surat Harus Jelas
Linda mengatakan bahwa surat lamaran harus menyampaikan tujuan dengan jelas. Tak perlu kalimat pembuka atau kata-kata yang berlebihan untuk menarik perhatian perusahaan. Usahakan untuk membuat surat yang sederhana dan 'langsung ke point'. Ungkapkan apa alasan Anda melamar di perusahaan itu, posisi yang diinginkan, bagaimana Anda menemukan lowongan kerja tersebut, dan kontribusi yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan.

3. Jangan Terlalu Detail
Usahakan untuk menulis surat lamaran yang sederhana maka hindari memasukkan hal-hal terlalu detail dan tidak diperlukan. Jika Anda punya pengalaman sekolah atau kerja yang terkait, usahakan untuk menonjolkannya satu atau dua contoh utama saja. Tekankan pada bakat atau kemampuan yang terkait dengan pekerjaan. Tulislah dengan percaya diri dan antusias. Perlu diperhatikan bahwa pembaca juga bisa melihat surat itu sebagai contoh kemampuan menulis Anda.
4. Jangan Terlalu Banyak 'Saya'
Disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak kata 'saya' karena dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang egois. Linda juga menganjurkan supaya Anda tidak terlalu membahas tentang diri sendiri namun lebih fokus pada apa yang bisa Anda diberikan kepada perusahaan.

5. Sampaikan Antusiasme dan Terima Kasih
Pada akhir surat, sampaikan antusiasme Anda untuk bekerja di perusahaan itu. Kemudian jangan lupa berterima kasih kepada pembaca, sampaikan bahwa Anda ingin mendengar kabar baik, lalu bubuhkan tanda tangan di bagian bawah.

6. Format Konsisten
Pastikan jika surat lamaran punya bentuk dan ukuran tulisan yang sama dan bisa muat dalam satu halaman saja. Jika akan memformatnya dalam bentuk pdf, pastikan dokumen itu juga rapi dan bisa diterima dengan baik.

1 Response to "Bagaimana Surat Lamaran yang Sempurna Menurut Pakar Karier? Agar Kemungkinan Diterima Kerja Lebih Besar."