Courtesy https://pixabay.com |
Kesuksesan dalam mendapat pekerjaan bisa berawal dari pembuatan
surat lamaran yang bagus. Sampai saat ini CV dan surat lamaran yang rapi dan
menarik tetap diperlukan agar dapat diterima kerja. Jika Anda Googling, bisa
ditemukan berbagai model dan tips membuat surat lamaran. Melihatnya sebagai bahan
inspirasi boleh saja tapi usahakan untuk tidak sama persis menirunya.
Pakar karier dari sekolah ekstensi Harvard, Linda Spencer mengatakan terdapat dua kunci dalam surat lamaran agar
terlihat sempurna. Yaitu dengan menyampaikan bahwa Anda adalah orang yang tepat
untuk posisi itu dan akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.
Kata Linda, manajer atau tim HRD hanya akan melihat surat
tersebut dala tujuh detik saja sehingga disarankan untuk membuatnya dengan
padat dan jelas. Dibawah ini contoh surat lamaran yang sempurna menurut Linda.
1. Ajukan Kepada
Seseorang Secara Spesifik.
Tips pertama adalah dengan mengajukan dokumen tersebut
kepada seseorang secara spesifik. Yang dimaksud adalah untuk menulis dengan
spesifik kepada siapa surat tersebut diajukan di bagian atas setelah tanggal,
apakah itu manajer atau HRD. Jika bisa tulis nama, jabatan mereka, hingga
alamat kantor. Jika Anda tidak tahu siapa nama manajer atau HRD perusahaan itu,
Anda bisa tanya ke front office atau satpam di loby kantor, kemudian tulis pada
surat lamaran Anda sebelum berkas itu diserahkan.
2. Tujuan Surat Harus
Jelas
Linda mengatakan bahwa surat lamaran harus menyampaikan
tujuan dengan jelas. Tak perlu kalimat pembuka atau kata-kata yang berlebihan
untuk menarik perhatian perusahaan. Usahakan untuk membuat surat yang sederhana
dan 'langsung ke point'. Ungkapkan apa alasan Anda melamar di perusahaan itu,
posisi yang diinginkan, bagaimana Anda menemukan lowongan kerja tersebut, dan
kontribusi yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan.
3. Jangan Terlalu
Detail
Usahakan untuk menulis surat lamaran yang sederhana maka
hindari memasukkan hal-hal terlalu detail dan tidak diperlukan. Jika Anda punya
pengalaman sekolah atau kerja yang terkait, usahakan untuk menonjolkannya satu
atau dua contoh utama saja. Tekankan pada bakat atau kemampuan yang terkait
dengan pekerjaan. Tulislah dengan percaya diri dan antusias. Perlu diperhatikan
bahwa pembaca juga bisa melihat surat itu sebagai contoh kemampuan menulis Anda.
4. Jangan Terlalu
Banyak 'Saya'
Disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak kata
'saya' karena dapat menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang egois. Linda juga
menganjurkan supaya Anda tidak terlalu membahas tentang diri sendiri namun
lebih fokus pada apa yang bisa Anda diberikan kepada perusahaan.
5. Sampaikan
Antusiasme dan Terima Kasih
Pada akhir surat, sampaikan antusiasme Anda untuk bekerja di
perusahaan itu. Kemudian jangan lupa berterima kasih kepada pembaca, sampaikan
bahwa Anda ingin mendengar kabar baik, lalu bubuhkan tanda tangan di bagian
bawah.
6. Format Konsisten
Pastikan jika surat lamaran punya bentuk dan ukuran tulisan
yang sama dan bisa muat dalam satu halaman saja. Jika akan memformatnya dalam
bentuk pdf, pastikan dokumen itu juga rapi dan bisa diterima dengan baik.
Cari Lowongan Kerja di BUMN atau di perusahaan ternama atau di perusahaan terkenal lainnya
BalasHapus